Bukan Hanya Makan dan Minum di Bulan Ramadhan, 5 Hal Ini Membuat Puasa Jadi Tidak Berkualitas

- 18 Februari 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Bulan Ramadhan
Ilustrasi. Bulan Ramadhan /Pixabay/ambroo

TABANAN BALI - Di bulan Ramadhan ada 5 hal yang bisa membuat puasa menjadi tidak berkualitas selain makan dan minum.

Hal ini sering diabaikan dan dianggap remeh oleh orang yang berpuasa ketika bulan Ramadhan sehingga membuat kualitas puasanya menjadi kurang bermakna.

Bahkan 5 hal tersebut bisa membuat pintu-pintu langit yang seharusnya terbuka saat bulan Ramadhan malah menjadi tertutup karena hal-hal tersebut.

Seperti dikutip dari berbagai sumber pada, Sabtu 18 Februari 2023. Di antara 5 hal yang membuat puasa di bulan Ramadhan menjadi kurang berkualitas yakni:

Baca Juga: Spesialnya Bulan Ramadhan, Pintu Langit Dibuka Bagi yang Berpuasa dan Melakukan Amalan Berikut Ini

Tidak Menyempurnakan Syarat dan Rukun Wudhu Serta Shalat

Seorang yang berpuasa harus betul-betul menjaga kesempurnaan wudhu dan shalatnya selama bulan Ramadhan. Keteledoran dalam hal wudhu dan shalat, akan mengakibatkan tertutupnya pintu-pintu langit atas dirinya.

Rasulullahbersabda, "Apabila seorang hamba berwudhu, ia memperbagus wudhunya, kemudian berdiri menegakkan shalat, lalu menyempurnakan rukuk, sujud, dan bacaannya, maka shalat akan berdoa, "Semoga Allah menjagamu sebagaimana engkau telah menjagaku". Kemudian shalatnya akan dinaikkan ke langit dalam keadaan bercahaya dan bersinar, lalu dibukakan pintu-pintu langit untuknya. Apabila seorang hamba tidak memperbagus wudhunya dan tidakpula menyempurnakan rukuk, sujud, dan bacaannya, shalat akan berdoa, "Semoga Allah menelantarkanmu sebagaimana kamu menelantarkanku." Kemudian shalatnya akan dinaikkan ke langit dalam keadaan gelap gulita dan pintu-pintu langit tertutup untuknya. Kemudian shalatnya digulung sebagaimana digulungnya pakaian yang lusuh, lantas dipukulkan ke wajah pelakunya." (HR.Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Memutuskan Hubungan Silaturahim

Halaman:

Editor: Aulia Nasri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x